Senin, 31 Oktober 2011

visual effect

Visual effect

Efek visual (biasanya disingkat ke Visual F / X atau VFX) adalah berbagai proses dengan mana citra dibuat dan / atau dimanipulasi di luar konteks tindakan hidup menembak. Visual effects involve the integration of live-action footage and generated imagery to create environments which look realistic, but would be dangerous, costly, or simply impossible to capture on film. Efek visual melibatkan integrasi live-action rekaman dan citra yang dihasilkan untuk menciptakan lingkungan yang terlihat realistis, tetapi akan berbahaya, mahal, atau tidak mungkin untuk menangkap pada film. Visual effects using computer generated imagery (CGI) have become increasingly common in big-budget films, and have also recently become accessible to the amateur filmmaker with the introduction of affordable animation and compositing software. Efek visual menggunakan gambar yang dihasilkan komputer (CGI) telah menjadi semakin umum dalam besar anggaran film, dan juga baru-baru menjadi dapat diakses oleh pembuat film amatir dengan pengenalan terjangkau animasi dan compositing software.
Definisi
Desain Komunikasi Visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.


Prinsip
Pesan visual harus kreatif (asli, inovatif dan lancar), komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.





istilah
1. Seni Grafis / Graphic Arts, termasuk ke dalam kelompok bidang ilmu Seni Murni.
2. Grafis / Graphic, adalah hal yang berkaitan dengan tulisan atau gambar yang mengandung makna untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi.
3. Desain Grafis / Graphic Design, istilah yang dipakai sebelum menggunakan istilah Desain Komunikasi Visual, berasal dari kata bahasa Yunani “Graphos” yang berarti “tulisan/gambar”.
Untuk mengantisipasi perkembangan dunia komunikasi visual serta perannya yang semakin luas, maka digunakan istilah: Desain Komunikasi Visual.








Perlunya Pendidikan Desain Komunikasi Visual
1. Mengenal konsep Desain Komunikasi Visual sebagai Dasar Perancangan/Desain dan Strategi Komunikasi.
2. Mengenal Desain Grafis (Desain Komunikasi Visual) dan Bahasa Rupa sebagai Pengolah Visual Data Informasi.
3. Mengenal secara teknis prinsip, proses teknologi informatika dan sistem informasi manajemen.
4. Memahami elemen desain grafis sebagai alat penyampai pesan yang efektif, efisien, komunikatif dan estetis kreatif dalam konteks konsep-policy/planning/ strategy dan implementasi serta evaluasi.
5. Memahami strategi komunikasi, psikologi dan sosial/ antropologi budaya.
6. Memahami beberapa media baru, terutama dunia media / ruang cyber serta tekniknya, yaitu:
a. Animasi – Audio Visual (Mix Media)
b. Interaktif media dan web/website yang biasa dipergunakan untuk melengkapi E-media dan Mixmedia/Multimedia.
7. Menguasai konsep perancangan / desain komunikasi visual dan pemasaran global secara universal.Menguasai proses dan tehnik perancangan /desain yang dapat mengantisipasi perkembangan dunia kewirausahaan/enterprenuership.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar